Kamis, 03 Desember 2015

SISTEM KOPLING

SISTEM KOPLING






Pengertian Kopling  adalah  suatu elemen  mesin yang berfungsi untuk mentransmisikan daya dari poros penggerak (driving shaft) ke poros yang digerakkan (driven shaft), dimana putaran inputnya akan  sama dengan  putaran outputnya. Tanpa kopling, sulit untuk menggerakkan  elemen mesin sebaik-baiknya. Dengan adanya kopling pemindahan daya dapat dilakukan dengan teratur dan seefisien mungkin.
plat kopling

Beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh sebuah  kopling adalah:
1. Mampu menahan adanya kelebihan beban.
2. Mengurangi getaran dari poros penggerak yang diakibatkan oleh gerakan dari elemen lain.
3. Mampu menjamin penyambungan dua poros atau lebih.
4. Mampu mencegah terjadinya beban kejut.




Gambar Kontruksi letak unit kopling (clutch) pada kendaraan


Kopling dalam pemakaian dikendaraan, harus memiliki syarat-syarat minimal sebagai berikut :
a.       Harus dapat memutus dan menghubungkan putaran mesin ke tranmisi dengan lembut. Kelembutan dalam memutus dan menghubungkan kopling akan membuat kenyamanan dalam berkendara,sebaliknya jika pemutusan dan  penyambungan keras akan membuat penumpang menjadi kurang nyaman.
b.      Harus dapat memindahkan tenaga mesin anpa slip. Kopling idealnya memutuskan dengan perlahan,nyaman dan akan putus dan nyambung dengan cepat tapa slip.
c.       Harus dapat memutuskan hubungan dengan sempurna dan cepat. Kecepatan dan kesempurnaan dalam  memutuskan kopling menjadi prioritas utama, karena jika terlalu lama dalam  memutus akan menjadi faktor ketidaknyamanan pengendara, karena tidak mungkin pengendara akan berhenti terlebih dahulu ketika mau memindahkan gigi kecepatan.


Jenis Kopling
Menurut konstruksinya secara umum kopling dapat dibagi atas dua  bagian, yaitu:
1.       Kopling tetap
2.       Kopling tidak tetap
1.  Kopling Tetap

Kopling tetap adalah  elemen  mesin yang berfungsi sebagai penerus putaran dan daya dari poros penggerak ke poros yang digerakkan secara pasti  (tanpa terjadi slip), dimana sumbu kedua poros terletak pada satu garis lurus atau dapat berbeda sedikit letak sumbunya. Kopling tetap  dibedakan lagi atas, kopling kaku, kopling luwes, dan kopling universal.



1.1 Kopling Kaku

Kopling kaku digunakan bila kedua poros dihubungkan dengan sumbu segaris. Kopling ini banyak digunakan pada poros mesin dan transmisi umum dipabrik-pabrik.

Yang termasuk kedalam kopling kaku adalah:

a.       Kopling Bus
Kopling ini digunakan apabila dua buah poros saling disambungkan sentrik dengan teliti. Pada konstruksinya ujung poros pada kopling ini harus dirapikan dan distel satu terhadap yang lainnya dengan teliti, juga pada arah memanjang. Kopling ini sering digunakan pada bubungan, baling-baling kapal, dan juga pada poros baling-baling.





b.      Kopling Flens Kaku
Kopling flens kaku terdiri atas naaf dengan flens yang terbuat dari besi cor atau baja dan dipasang pada ujung dengan diberi pasak serta diikat dengan  baut pada flensnya. Dalam beberapa hal naaf dapat dipasang pada poros dengan sumbu pres atau kerut.

c.       Kopling Flens Tempa
Kopling ini flensnya ditempa menjadi satu dengan poros pada ujung poros dan disebut poros flens tempa. Keuntungannya adalah diameter flens dibuat kecil karena tidak memerlukan naaf.

1.2   Kopling Luwes

Mesin – mesin yang dihubungkan dengan penggeraknya melalui kopling kaku memerlukan penyetelan yang sangat teliti agar kedua poros yang saling dihubungkan dapat menjadi satu garis lurus, selain itu getaran dan tumbukan yang terjadi dalam penerusan daya antara poros penggerak dan yang digerakkan tidak dapat diredam sehingga memperpendek umur mesin serta menimbulkan bunyi berisik. Untuk menghindari kelemahan-kelemahan tersebut dapat digunakan kopling luwes terutama bila terdapat ketidaklurusan antara sumbu kedua porosnya. Jenis-jenis kopling luwes diantaranya :

a.       Kopling Karet Ban
Kopling ini dihubungkan oleh suatu lapisan karet pada bagian luarnya. Pada lapisan karet ini diperkuat oleh rangkaian kawat dan dipasang oleh baut pada sekeliling poros. Dengan adanya karet ban ini memungkinkan poros tidak pada satu garis lurus..

b.      Kopling Flens Luwes
Kopling ini adalah kopling tetap yang menggunakan baut untuk menghubungkan kedua poros dimana dilengkapi dengan bus karet atau kulit sehingga memungkinkan poros tidak pada satu garis..

c.       Kopling Karet Bintang
Kopling ini juga hampir sama kerjanya dimana digunakan karet sehingga memungkinkan poros ikut berputar tidak pada satu garis.

d.      Kopling Rantai
Sesuai dengan namanya kopling ini menggunakan rantai untuk menghubungkan kedua buah poros..

e.      Kopling Gigi
Kopling ini pada bagaian sillinder dalam terdapat gigi-gigi yang dihubungkan dengan silinder luar. Silinder luar ini dihubungkan  dengan menggunakan baut. Pada kopling ini terdapat tempat untuk memasukkan minyak. Kopling gigi seperti terlihat pada gambar 2.8.

1.3   Kopling  Universal

Salah satu jenis kopling universal yaitu kopling universal hook. Kopling ini dirancang sedemikian rupa sehingga mampu memindahkan putaran walaupun poros tidak sejenis


2.1   Kopling Tidak tetap

Kopling tidak tetap adalah elemen mesin yang menghubungkan poros yang digerakkan dan poros penggerak dengan putaran yang sama dalam meneruskan daya serta dapat melepaskan hubungan kedua poros tersebut,baik dalam keadan diam maupun berputar. Kopling tidak tetap dibedakan lagi atas, kopling cakar, kopling plat, kopling kerucut, kopling friwilKopling Cakar

Kopling ini meneruskan momen dengan kontak positif (tidak dengan perantaraan gesekan) hingga tidak dapat slip. Ada dua bentuk kopling cakar, yaitu kopling cakar persegi dan kopling cakar spiral. Kopling cakar persegi dapat meneruskan momen dalam dua arah putaran, tetapi tidak dapat dihubungkan dalam keadaan berputar sebaliknya, kopling cakar spiral dapat dihubungkan dalam keadaan berputar tetapi hanya baik untuk satu putaran saja.

2.1.1   Kopling Plat

Kopling ini meneruskan momen dengan perantaraan gesekan. Dengan demikikan pembebanan yang berlebihan pada poros penggerak pada waktu dihubungkan dapat dihindari. Selain itu, karena dapat terjadi slip maka kopling ini sekaligus juga dapat berfungsi sebagai pembatas momen. Menurut jumlah platnya, kopling ini dibagi aatas kopling plat tunggal  dan kopling plat banyak; dan menurut cara pelayanannya dapat dibagi atas cara manual, hidrolik dan magnetik. Kopling disebut kering bila plat-plat gesek tersebut bekerja dalam keadaan kering dan disebut basah bila terendam atau dilumasi dengan minyak.



2.1.3   Kopling Kerucut ( Cone Clutch)

Kopling ini menggunakan bidang gesek yang berbentuk kerucut. Kopling ini mempunyai keuntungan dimana dengan gaya aksial yang kecil dapat ditransmisikan momen yang besar. Kelemahannya adalah daya yang diteruskan tidak seragam.           



2.1.4  Kopling Friwil

Dalam permesinan sering diperlukan kopling  yang dapat lepas dengan sendirinya bila poros penggerak mulai berputar lebih lambat atau dalam  arah berlawanan arah dari poros yang digerakkan.

Fungsi kopling adalah untuk meneruskan dan memutuskan  putaran mesin ke transmisi.  Pada setiap kendaraan mempunyai berbagai macam bentuk kopling. namun secara umum cara kerja kopling sama semua dengan prinsip menghubungkan dan memutuskan aliran tenaga.


Keterangan :
1. garpu pembebas/ release fork
2. roda gila/fly wheel
3. release bearing
4. poros input
5. poros engkol
6. pilot bearing
7. plat kopling
8. pegas diagfragma
9. plat penekan
10. unit penekan











Cara kerja kopling
- posisi terhubung



a.  Pegas penekan diafragma menekan plat penekan sehingga plat penekan terhubung/ tertekan.
b.  Kanvas kopling terjepit diantara fly wheel dan plat penekan , putaran mesin dapat diteruskan ke poros input transmisi.





- kopling posisi terlepas




a. plat penekan diafragma mengungkit plat penekan sehingga plat  kopling bebas dari penekanan.
b. kanvas kopling bebas dari penekanan/jepitan sehingga putaran mesin tidak dapat diteruskan ke poros input transmisi, hanya sampai pada kanvas kopling.



Rangkuman :

1. kopling berfungsi untuk menghubungkan dan memutuskan putaran mesin ke tranmisi dengan lembut.
2. komponen utama sebuah unit kopling gesek , yaitu : rumah kopling, plat penekan, plat kopling, pegas penekan, tuas penekan, bantalan pembebas dan garpu pembebas.
3. pemeriksaan unit kopling secara visual meliputi kondis plat kopling, plat penekan, pegas penekan dan alur-alur input shaft tranmisi.
4. pemeriksaan dengan meliputi pengukuran kerataan plat penekan; kedalaman paku keling dankerataan/run-out plat kopling; kesikuan dan panjang pegas penekan , tegangan pegas penekan ; serta kerataan /run-out fly wheel.
5. pemeriksaan dengan pengecekan fungsi/ kerja meliputi release bearing, torsion dumper dan hub serta pilot bearing.




Daftar Pustaka : Panduan akademi dan praktisi, sistem pemindah tenaga ( SPT ) Otomotif ( SUYITNO, M.Pd )








NB : Tugas Mata kuliah Media Pembelajaran, Prodi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo,


Dosen Pengampu : Dwi Jatmoko, M.Pd



1 komentar: